Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Koneksi Database - ConnectionString

KOneksi Database di VB6

Kali ini kita akan membahas Bagaimana Cara Koneksi Ke Database dengan ConnectionString. Pada bagian kedua dari Koneksi Database ini kita akan lebih dekat dengan coding/scripting untuk koneksi database yang berbeda dengan Koneksi Database Di Visual Basic 6.0 dengan Menggunakan Interface ADODC1  seperti sebelumnya. Hal ini (menurut penulis) karena lebih mudah mengadakan perbaikan dan pengembangan kedepannya.

Sebagai media storage(penyimpanan data), sementara penulis akan menggunakan Microsoft Access dan vb6 tetap support semua versi Office dari Microsoft. Akan tetapi setelah proses finishing (compiling) tetap hilangkan centang pada project untuk tujuan agar dapat berjalan disemua versi windows dan ini penting!.

Tahapan Koneksi Database di Visual Basic 6.0

1. Membuat Database dan Menentukan Nama tabel dan data tabel. Misalnya pada ms.access telah tersusun struktur database dengan tabelnya sebagai berikut:
  • Nama Database: data.mdb (gunakan ekstensi .mdb untuk kompatibilitas semua versi ms.access).
  • Nama tabel yang akan diakses: tbl_pegawai
  • Kolom (field) pada tabel pegawai, sebagai berikut:
    • id (unique/primary - indexes)
    • nama_peg
    • jabatan
    • keterangan
2. Menambahkan ActiveX Component atau OCX Adodc1 ke Form yang akan dipasang koneksi databasenya. Klik kanan pada toolbox dan [add component...]. Lalu, pilih/centang: Microsoft ADO Data Control 6.0(SP6)(OLEDB), klik [Apply] dan [Close]. Kemudian, klik ocx di toolbox yang telah tampil tersebut dan pasang di form tersebut.

3. Selanjutnya adalah menentukan proses eksekusi atau perintah; apakah perintah Simpan, Update, Hapus, Edit, atau Cari. Sebelumnya, mari kita buat Global Connection terlebih dahulu agar nantinya tidak harus menulis kode Koneksi_database lagi untuk setiap perintah diatas. Berikut ini adalah contoh global connection berdasarkan data database diatas.

Sub GLOBAL_CONNECTION()
Adodc1.ConnectionString = "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0; Data Source=" + App.Path + "\data.mdb"
Adodc1.RecordSource = "tbl_pegawai"
Set lblData.DataSource = Adodc1
With Adodc1.Recordset
        If .EOF Then Exit Sub
End With
End Sub

Dalam hal ini, versi OLEDB yang kita gunakan adalah versi 4.0 karena versi inilah yang paling support dan kompatibel dengan seluruh versi ms.office (ms.access), sedangkan versi, 3.5 atau 3.51 hanya support versi lama dan pendekatan koneksi dengan DAO.
Pada baris kedua tersebut, kita juga menemukan Data Source yang berisi: " + App.Path + "\data.mdb", yang berarti bahwa database data.mdb ada di folder yang sama dengan calon EXE aplikasi kita nanti. Jadi, gunakan: "+App.Path+"\namadatabase.mdb" bila databasenya terletak di folder yang sama dengan aplikasi EXE anda.

Record Source (seperti pada baris ke 3) mengarah pada Nama Tabel yang akan diakses yang dalam hal ini telah kita tetapkan bernama: tbl_pegawai.
Selanjutnya tambahkan Label dan gantilah dengan nama lblData yang berfungsi sebagai jembatan data koneksi Adodc1 dan database anda.

Perhatikan script selanjutnya sebagai berikut:

With Adodc1.Recordset
        If .EOF Then Exit Sub
End With

Apa artinya? ... Maknanya sebagai berikut:-
"Dengan ditentukannya koneksi diatasnya tersebut maka periksa, apakah didalam database tersebut terdapat data atau tidak. Bila tidak ada (If .EOF) maka hentikan proses koneksi".

Bila tidak menggunakan script diatas atau tidak memeriksa apakah data didatabase sudah ada atau belum, maka koneksi akan mengalami error. Error disebabkan karena secara default script koneksi diatas menganggap bahwa sudah ada data di database. Apalagi jika anda menempatkan Global_Connection di Form_Load atau Form_Activate.

  • IF .EOF jika tidak ada data didatabase,
  • dan, IF Not .EOF jika ada data didatabase.
Untuk memastikan apakah sudah ada atau tidak ada data di database, maka Lebih Baik Menggunakan IF .EOF ketimbang IF Not .EOF.

Agar dapat melakukan proses Penambahan Data/Simpan, Update, Delete dan sebagainya, anda tinggal memanggil Global_Connection seperti pada contoh penambahan data berikut ini:

PENAMBAHAN DATA - SIMPAN

Private Sub cmdSimpan_Click() ' Bila tombol cmdSimpan di-klik.
GLOBAL_CONNECTION 'Memanggil global_connection
With Adodc1.Recordset
        .Find "nama_peg='" + txtNamaPegawai.Text + "'", , adSearchForward, 1 'Cari nama pegawai [nama_peg] seperti yang user input pada kotak txtNamaPegawai.Text dan ambil satu data saja dimulai dari awal baris hingga akhir di tabel tbl_pegawai.
        If .EOF Then
                .AddNew 'Tambah baru dengan data yang akan disimpan sebagai berikut:
                        !nama_peg=txtNamaPegawai.Text
                        !jabatan=txtJabatan.Text
                        !keterangan=txtKeterangan.Text
                .Update 'Simpan!
                MsgBox "Data Baru Berhasil Disimpan!", vbInformation, " Simpan"
                GLOBAL_CONNECTION
                KOSONGKAN_FORM 'Kosongkan Formulir Isian
                cmdSimpan.Enabled = False 'Nonaktifkan tombol Simpan atau cmdSimpan, dan
                cmdTambahData.Enabled = True 'Aktifkan kembali tombol Tambah Data atau cmdTambahData
                Exit Sub
        Else
                MsgBox "Data Pegawai dengan Nomor NIP tersebut Sudah Ada!", vbExclamation, " Data Ditemukan"
                txtNamaPegawai.SetFocus
                Exit Sub
        End If
End With
End Sub

Selamat Mencoba!

Post a Comment for "Koneksi Database - ConnectionString"