Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Project VBP vb6 Error: Missing ...

Sering mendownload project visual basic dari internet - blog/situs ? atau, copy paste project dari komputer lain dan berakhir dengan munculnya error seperti dibawah ini?

Missing Image ....

Bila iya, jangan panik. saya akan memberikan solusi gampang untuk mengatasi error tersebut. Mari kita bahas.

Setelah selesai copy project dan mempastekan bundel project visual basic 6.0 tersebut ke kompi/laptop kita, lalu kita ingin membuka bagaimana rupa project hasil copas / download tersebut dan tiba-tiba kita menemukan pemberitahuan bahwa telah terjadi "Missing file" atau tidak ditemukannya file form tertentu di project tersebut, padahal kenyataannya ada, bukan?
OK, sekarang tutup project itu dan Ingat! jangan menyimpan perubahan apapun, karena nantinya, anda harus menyusun control-control pada project tersebut satu per satu. Gampangnya, klik aja NO.

Setelah project tertutup dan pastikan sudah tidak ada lagi di Task Manager, maka hapuslah file "MSSCCPRJ.SCC" yang ada bersamaan (dalam satu folder) di project tersebut. Selanjutnya, bukalah kembali project anda dan anda tidak akan menemukan pemberitahuan error lagi, Koq bisa, ya?

Studi Kasus Error Missing Library, File ...

File MSSCCPRJ.SCC disebut dengan file Source Code Control (SCC) yang menyimpan semua aktivitas kita dalam mendesain software. Bila anda buka dengan Notepad, anda akan menemukan catatan singkat seperti gambar dibawah ini.

[SCC]
SCC=This is a source code control file
[namafileproject.vbp]
SCC_Project_Name=this project is not under source code control
SCC_Aux_Path=<This is an empty string for the mssccprj.scc file>


vb6 project Error - MSSCCPRJ.SCC


Kemudian, bukalah juga project anda yang berekstensi VBP dengan menggunakan Notepad seperti diatas. Disini anda akan menemukan Reference yang berisi kode digit, karakter tertentu dan path serta Object UID.
Apa arti itu semua? Object UID seperti contoh pada gambar diatas ditunjukan dalam bentuk:

Object={67397AA1-7FB1-11D0-B148-00A0C922E820}#6.0#0; MSADODC.OCX

dan banyak lagi yang ada dibawah baris tersebut yang berupa file-file control atau OCX dan DLL yang anda tambahkan pada form (termasuk form yang ada).

Pada saat anda membuka project vb6 hasil download atau copas tersebut, file project.vbp akan memanggil Object diatas yang tersimpan dalam Registry atau regedit.exe. Bila ada, maka file project akan tampil mulus dan tidak akan ada error, akan tetapi bila tidak ditemukan, maka akan muncul error seperti disebutkan diatas tadi. Mengapa?

Object dengan kode "{67397AA1-7FB1-11D0-B148-00A0C922E820}#6.0#0; MSADODC.OCX" merupakan referensi atau kode penanda dimana file OCX/DLL disimpan dalam laptop/PC anda dan Registry menyimpan semua aktivitas anda tersebut (misalnya menambahkan file OCX atau DLL pada reference) maka akan tersimpan di file project VBP setelah itu baru tersimpan di registry. Nah, pada waktu terjadi copas atau download, file project.vbp akan menemukan ketidaksamaan kode Object UID diatas dengan registry anda saat ini. Lalu, bagaimana tau si project.vbp bahwa registry berbeda?
Pada waktu file project dibuka, file project.vbp akan memastikan apakah nama project dan referensinya sama dengan yang ada dalam file MSSCCPRJ.SCC? dalam hal ini nama project tersebut adalah sama yaitu: jnePaynote.vbp. Bila nama file project sama maka saatnya file project akan memanggil registry dan menkonfirmasi pada registry apakah object UID juga sama. Bila tidak, maka project akan menganggap bahwa control-control OCX seperti MSADODC.OCX, MSDATGRD.OCX tidak valid dan tidak dapat ditampilkan, sehingga muncullah pemberitahuan error tersebut.

Object UID bersifat unik dan berbeda antara PC satu dengan lainnya. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut, hapus saja file MSSCCPRJ.SCC  tersebut dan bila masih error hapus juga file pendamping project yaitu yang ber-ekstensi: vbw. Dengan demikian, file project akan menganggap bahwa source code itu bersifat Private dan baru. Setelah anda membuka dan berhasil serta menyimpan perubahan tersebut, file project.vbp akan membuat file MSSCCPRJ.SCC yang baru yang sesuai dengan data Object UID pada PC anda.

Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Project VBP vb6 Error: Missing ..."