Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Component ‘MSCOMCTL.OCX’ or one of its dependencies ....

Komponen MSCOMCTL.OCX Error/Missing

Banyak kasus dan solusi seputar permasalahan error/run-time error hingga muncul kotak dialog bahwa telah terjadi catastrophe (baca: kekacauan/error parah) pada sistem/IDE microsoft visual basic 6.0, yang salah satunya adalah munculnya tanda error berupa: "Component ‘MSCOMCTL.OCX’ or one of its dependencies not correctly registered: a file is missing or invalid."
Saya pribadi sempat frustasi ketika menyaksikan telah terjadi error pada sistem IDE vb6 sehingga vb6 tidak dapat berjalan dengan baik.
Maksud dari error "Component ‘MSCOMCTL.OCX’ or one of its dependencies not correctly registered: a file is missing or invalid." adalah: bahwa komponen OCX atau ActiveX Component yang bernama: MSCOMCTL.OCX tidak terdaftar dengan benar pada registry (baca: regedit.exe) sehingga sistem vb6 tidak dapat beroperasi dengan baik dan beberapa OCX yang berkenaan dengannya tidak berfungsi padahal project vb6 hampir selesai dan ini sungguh sangat mengesalkan, bukan?

Microsoft Windows Common Control 6.0 (SP6)

File OCX bernama: MSCOMCTL.OCX adalah salah satu dari komponen OCX yang dibundel dalam komponen yang bernama Microsoft Windows Common Control 6.0. Lihat screenshot berikut ini.

Cara mengatasi error pada visual basic

Komponen tersebut sangat sering digunakan oleh programmer vb6; seperti common dialog atau COMDLG32.OCX, MSCOMCT2.OCX, dsb. Banyak latarbelakang yang menyebabkannya error, diantaranya adalah karena pada waktu project vb6 di-package menjadi file setup.exe, letak executable file atau file exe disatukan dengan file lain dalam satu folder atau menggunakan APP.PATH, terinfeksi virus dan lain sebagainya. Terkadang tidak bisa diselesaikan dengan hanya meng-uninstal software vb6 dan menginstalnya ulang.


Cara Mengatasi "Component ‘MSCOMCTL.OCX’ or one of its dependencies not correctly registered: a file is missing or invalid"


Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis blog ini mencoba trial-error dengan cara: menghapus semua key yang ada pada registry dan yang berkaitan dengan file tersebut, caranya adalah, sbb:
  1. Buka regedit.exe dengan cara; klik kanan dan pilih "run as administrator".
  2. Setelah regedit terbuka, Klik/pilih HKEY_CLASSES_ROOT dan tekan CTRL-F pada keyboard dan masukkan kata kunci  "MSCOMCTL.OCX", disini akan ditemukan banyak sekali key yang berkaitan dengannya dan hapus semua key MSCOMCTL.OCX yang ditemukan. Kita terpaksa menghapusnya secara manual, satu per satu, untuk memastikan tidak ada satu key-pun yang berkaitan dengan MSCOMCTL.OCX yang tertinggal. Adapun key yang harus dihapus adalah root dari key tersebut. Lihat screenshot!
    .
    .
    Cara mengatasi error pada visual basic.
    .
  3. Selanjutnya, mendownload bundel Microsoft Windows Common Control 6.0 SP6 di: https://download.microsoft.com/download/3/a/5/3a5925ac-e779-4b1c-bb01-af67dc2f96fc/VisualBasic6-KB896559-v1-ENU.exe. Lalu, instal-lah dengan memilih "run as administrator".

Dengan cara diatas, berarti kita telah mengganti key MSCOMCTL.OCX lama dengan yang baru. Sistem IE vb6 akhirnya dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti sedia kala ^_^.
Silahkan tanyakan via https://www.facebook.com/id.hermannz bila masih bingung.

Post a Comment for "Component ‘MSCOMCTL.OCX’ or one of its dependencies ...."