SKIP TO MAIN CONTENT
vb6-blog.blogspot.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Membuat ID Nomor Barang

Membuat ID Nomor Barang

Dalam pemrograman, ID unik dan tidak duplikat itu sangat penting. Bilamana ada banyak data dalam satu database, katakanlah, Database kependudukan dimana beberapa orang memiliki nama yang sama, terkadang tanggal lahir yang sama, maka solusi agar identitas dan data per individu tidak tertukar digunakanlah ID UNIK.

Contoh Kasus:
Seorang petugas / staff kependudukan didatangi oleh beberapa orang untuk meminta data diri mereka yang telah masuk di dinas kependudukan setempat. Data tersebut diambil melalui pengisian Formulir Data Penduduk. Pada saat itu, tidaklah mungkin bagi staff mencari data orang-orang tersebut melalui namanya di kotak pencarian, ini akan menampilkan banyak data karena Nama banyak yang sama.

Melihat kasus tersebut, bagaimana solusinya agar pencarian bisa lebih cepat dan tidak terbentur pada banyaknya data dari hasil pencarian di kotak pencarian?
Yaph! Nomor Kartu Tanda Penduduk alias Nomor KTP.
Nomor KTP didesain secara Unik dan khusus dan wajib berbeda antara pemegang KTP satu dengan lainnya. Demikian, duplikasi atau data ganda akan bisa dihindari.

Melihat kasus tersebut, ID Unik bertindak sebagai indikator. Dalam hal ini adalah Indikator pencarian, penyimpanan, Menampilkan data, menghapus dan mengupdate Data.

Sebagai kesimpulan, ID Unik dan Primary memiliki keistimewaan sebagai berikut:

1. Unik atau tidak terduplikasi.
2. Primary, Bisa dibaca berdasarkan urutan, berdasarkan group dan Distinct (baca: data khusus)
3. Memudahkan dalam penghitungan atau penjumlahan dari total data.
4. Memudahkan dalam Pencarian Data karena keunikannya.
5. Memudahkan dalam implementasi pelaporan/ penyajian data lebih rinci dan akurat.

ID = Indikator Sistem Data pada Perusahaan Dagang/ Industri


Secara umum, Ms.Access Database, MySQL dan SQL Server serta sistem Database lainnya telah menyediakan fitur data yang dapat diatur menjadi Unique (Unik) dan Primary. Bila salah satu ID tersebut dihapus, maka tidak akan terjadi pergantian otomatis didalamnya. Dan, justru, secara otomatis, sistem akan terus mengacu pada Nomor atau ID terakhir dan menambahnya dengan angka 1 bilamana terjadi penambahan/ input data baru.

Akan tetapi, misalnya, pada sebuah usaha perdagangan, adalah kurang baik bila data unik barang/ produk didasarkan pada data ID.
Berikut ini adalah ilustrasi bagaimana perusahaan dagang mengelola barang dalam kategori-kategori tertentu yang kemudian membuatkan kode per unit barang/ produk.




Untuk menangani banyak barang yang berbeda dalam 4 klasifikasi itu, dibuatlah kode unik yang menggambarkan:
  • Kategori Barang,
  • Kode Inisial Barang,
  • Jumlah Stock dan,
  • Nomor Urutan Jumlah Barang.
Berikut ini adalah salah satu cara Visual Basic 6.0 membuat kode acak sederhana dari barang/ produk:

Sub FORMAT_BARANG()
Dim A As String
Dim B As String
Dim C As String
Dim d As String
Dim E As String
Dim tNamabRG As String
Dim xNDM As String
Randomize
A = Int(Rnd * 10)
B = Int(Rnd * 10)
C = Int(Rnd * 10)
d = Int(Rnd * 10)
E = Int(Rnd * 10)
tNamabRG = Left(txtNamaBrg.Text, 1)
xNDM = A + B + C + d + E
txtNT.Text = xNDM ' Hasil akhir disini
End Sub

Semoga bermanfaat!


Newer Post Lihat Artikel vb6 Sebelumnya *) +vb6.vbp
Back to vb6 Homepage