SKIP TO MAIN CONTENT
vb6-blog.blogspot.com blog uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our privacy policy. For more information: Cookies Policy | Privacy Policy

Bekerja dengan Datagrid OCX

Bekerja dengan Datagrid OCX

Sebuah project idealnya dapat menampilkan data dalam suatu daftar data yang di retrieve (diambil) dari dalam database. Untuk itu, kita dapat menggunakan Datagrid atau anda dapat mengaksesnya dan meletakkan control/ OCX Datagrid tersebut di form melalui toolbox lalu Add Component dan cari tulisan yang bernama: Microsoft DataGrid Control 6.0 (SP6)(OLEDB), kemudian centang, apply dan OK. Bila Datagrid control tersebut ada di root directory C:\Windows\System32\ pada Windows 7 maka control Datagrid akan tampil di toolbox.

Dalam kesempatan ini, kita akan memanfaatkan Datagrid OCX didalam menampilkan data, mengatur Propertiesnya dan menjadikannya sebagai media sumber informasi data bagi user dan orang lain yang berkepentingan dengan data tersebut.

A. DataGrid dan Properties


Setelah anda meletakkan Datagrid tersebut di Form Project dan mengatur letaknya sedemikian rupa, berikut adalah beberapa properties yang paling sering penulis atur agar Datagrid dapat tampil maksimal dan user-friendly (baca: mudah bagi user menggunakannya).
  • Memberi Nama Tampilan Data

    Caranya adalah, klik kanan pada Datagrid tersebut, pilih dan klik properties, lalu pada Tab [General] pada kotak Caption, berilah Nama Tampilan Data anda, misalnya, Data Induk Siswa Kelas VI. Kemudian aturlah ukuran dan jenis hurufnya yang bisa diakses di Tab [Font].
  • Mengatur Pola Akses Data

    Masih pada Tab [General], aturlah pola akses data. Disana telah tercentang 2 opsi yaitu; Enabled dan ColumnHeaders. Opsi lainnya adalah: AllowAddNew, AllowDelete dan AllowUpdate. Maksud dari ketiga opsi tersebut adalah sebagai berikut:

    1. AllowAddNew. Bila anda mencentang opsi ini maka pada saat Run-time (baca: saat program berjalan atau diaktifkan), anda akan dapat menambah data baru secara langsung melalui Datagrid ini tanpa harus mengakses Form Pengisian Data Baru yang khusus dibuat untuk menambah data baru.
    2. AllowDelete. Fungsinya adalah, bila anda mengaktifkan fitur ini, anda akan dapat mengedit data yang ada dalam daftar Datagrid tersebut secara langsung  tanpa mengaksesnya melalui Form Revisi/Edit Data dan Melakukan Penghapusan Data Secara Langsung. Untuk menghapus data pada Datagrid dapat dilakukan dengan cara mengklik tab paling kiri pada baris yang akan di delete/hapus kemudian klik tombol [Del] atau [Delete] pada keyboard.
    3. AllowUpdate. Setelah melakukan revisi atau menambah data baru, bila fitur ini diaktifkan anda akan dapat mengupdate atau menyimpan perubahan yang baru dilakukan sehingga tersimpan secara langsung didalam database.
    Pada Tab [Keyboard] dapat diatur pula apakah Tab pada keyboard bisa digunakan untuk menjelajahi tiap cell yang ada di Datagrid tanpa bantuan mouse. Untuk mencapai ini, silahkan mengaktifkan fitur ini dengan mencentang pada opsi "WrapCellPointer" dan pada TabAction pilih "dbgColumnNavigation".
    Dengan demikian, dengan mengatur hal tersebut diatas, datagrid sudah cukup siap dioperasikan.

B. Cara Menggunakan & Menampilkan Data di Datagrid


Selanjutnya, bagaimana caranya menampilkan data yang ada dalam database agar tampil di Datagrid yang baru saja kita atur diatas?. Untuk tujuan ini, kita membutuhkan Bridge atau jembatan penghubung, yaitu: Microsoft ADO Data Control 6.0 (SP6)(OLEDB) yang bisa diakses dari toolbox.

Selanjutnya adalah meletakkan Control / OCX ADO (baca: Adodc) tersebut pada Form Project anda dan menuliskan blok kode Koneksi ke database. Untuk contoh blok kode koneksinya dapat dilihat kembali materi yang lalu mengenai Koneksi Database dengan ConnectionString.
Bila kita gambarkan dalam suatu ilustrasi, maka posisi OCX Adodc tersebut mirip dengan jembatan, yakni menghubungkan antara Database dengan Datagrid.


Fungsi OCX Control ADODC - Microsoft ADO Data Control 6.0 (SP6)(OLEDB) di Visual Basic 6.0

Setelah dibuatkan blok kode koneksi databasenya, maka tergantung anda apakah data akan tampil saat Form_Load atau pada saat tombol [Tampilkan Data] diklik.
Pada contoh ini kita akan membuat contoh berupa menampilkan data di Datagrid melalui klik pada tombol [Tampilkan Data].

Private Sub cmdTampilData_Click()
KONEKSI_DATABASE
With Adodc1.Recordset
        If .EOF Then Exit Sub
        Set DataGrid1.DataSource = Adodc1
        DataGrid1.Columns(0).Locked = True
        DataGrid1.Refresh
        Exit Sub
End With
End Sub

Penjelasan:
Pertama-tama, panggil terlebih dahulu blok kode koneksi, yaitu: KONEKSI_DATABASE. Selanjutnya, memeriksa apakah ada data dalam database atau tidak. Caranya adalah:

If .EOF Then Exit Sub

Yang artinya: Jika tidak ditemukan data dalam bentuk apapun didalam database, maka hentikan pencarian dan batalkan menampilkan data.

Kemudian baris kode Set DataGrid1.DataSource = Adodc1 memiliki makna yaitu:
Jika ada, Tampilkan data dari database ke DataGrid1. Disini, DataSource bermakna: Sumber Data DataGrid1 dari mana? dijawab = Adodc1.

Makna dari baris kode: DataGrid1.Columns(0).Locked = True yaitu: Bila ada data dan sudah tampil, maka Kuncilah kolom nomor 0 (nol). Kolom 0 berarti kolom Nomor atau ID. Mengapa dikunci?
Bila anda mengaktifkan tiga fitur seperti yang telah disebutkan diatas (AllowAddNew, AllowDelete dan AllowUpdate), maka setiap kali anda me-Refresh, melakukan revisi, menampilkan data atau menambah data, maka Kursor mouse akan mengarah terlebih dahulu ke kolom 0 dan ini akan menyebabkan munculnya pesan " Column ID Can not be Updated " yang artinya: Kolom ID tidak bisa diupdate atau dirubah. Padahal kta tidak merubah apapun dengan Nomor pada kolom ID,  bukan? Ini otomatis! dan, agar aman, kuncilah kolom tersebut untuk menghindari kesalahan kita pada saat mengklik kolom ID, atau berpindahnya Kursor mouse ke kolom ID karena ketidaksengajaan kita didalam merevisi, mengklik, menambah ataupun mengupdate data secara langsung pada DataGrid1.

Bilamana kita tidak ingin itu terjadi, maka kuncilah dengan kode: DataGrid1.Columns(0).Locked = True. atau bila ingin menonaktifkan secara menyeluruh dari akses secara langsung pada DataGrid1, maka lepas
centang pada ketiga opsi tersebut.

Newer Post Lihat Artikel vb6 Sebelumnya *) +vb6.vbp
Back to vb6 Homepage