Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Add-in di Vb6 (Dasar)

Membuat Add-in di Vb6

Pernahkah anda menginstal kamus yang bisa terintegrasi dengan MS.Word? Pengintegrasinya itu disebut dengan Add-in. Dalam kesempatan ini, kita akan belajar membuat Add-in Dasar di Visual Basic 6.0 dan Mengintegrasikannya di MS.Word. Sebagai catatan bahwa, visual basic 6.0 tetap disupport oleh MS.Word Versi terkini (hingga saat ini, seperti penulis gunakan yaitu ms.word 2010).
Namun dalam hal ini kita akan membuat add-in yang dijalankan di lingkungan visual basic 6.0 (Visual Basic 6.0 Environment/IDE).

Hal pertama dan terpenting yang harus kita ketahui bahwa untuk membuat add-in ini, kita menggunakan 2 file utama, yaitu:
1. Form Add-in atau frmaddin.frm
2. File DSR, misalnya connect.dsr

Tidak seperti vb6, vb5 menggunakan 3 file dalam pembuatannya, yaitu:
1. Form Add-in
2. connect.cls atau Class
3. Module atau BAS

Walaupun secara prinsip, coding dan penggunaanya sama. Inilah kelebihan dari visual basic 6.0; simple dan solid dan tidak memerlukan komponen lainnya seperti pada vb5, dan vb terbaru.
File DSR atau connect.dsr adalah file ActiveX Designer yang merupakan sebuah ActiveX component yang memiliki interface visual dan terprogram (IDTExtensibility Interface). Pada connect.dsr anda akan menemukan 2 tab yang masing-masing berfungsi sebagai berikut:

Tab General:
- Display Name
- Description
- Host application and version
- Initial Load Behavior

Tab Advanced:
- Satellite DLL untuk lokalisasi
- Registry key untuk menyimpan data khusus di daftar registry.

Bagaimana cara menjalankan Add-in yang telah kita buat?
Pertama, buka project visual basic 6.0 baru anda. Kemudian, klik menu [add-in] dan klik [add-in] yang telah kita rancang untuk menentukan apakah add-in tersebut akan tampil pada saat setiap new project dijalankan atau tidak. Pilihan tersebut mencakup [loaded] dan [startup]. Centanglah keduanya.

Cara Membuat Add-in di Visual Basic 6.0
How To Create a Basic Add-in Using VB6

Option Explicit

Post a Comment for "Membuat Add-in di Vb6 (Dasar)"